ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS 1 (TELAAH TEORI PRKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET))

Penulis

  • Yuli Ariani STAI Darul Ulum
  • Fitriah STAI Darul Ulum Kandangan
  • Noor Fitriah STAI Darul Ulum Kandangan

DOI:

https://doi.org/10.63216/alulum.v2i01.260

Kata Kunci:

Materi Pembelajaran, Kelayakan, Kognitif

Abstrak

Pada sebuah pembelajaran salah satu komponen yang tidak kalah penting adalah materi. Penyajian materi pembelajaran kepada siswa haruslah memenuhi kriteria- penyajian materi seperti kesesuaian dengan  tingkat perkembangan perkembangan kognitif agar materi mudah diterima dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. 

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dalam bidang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian penyajian  materi Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1 dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget.

Melalui teknik deskriptif analisis, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa materi Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif peserta didik yaitu tahap operasional konkret (7-11 tahun) berdasarkan teori Jean Piaget.

Diterbitkan

2024-06-27