PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SOSIAL BUDAYA LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.63216/alulum.v1i02.186Abstract
Pembelajaran bahasa tidak bisa terlepas dari sosial dan budaya, maka dari itu pengajar atau guru harus mampu menguasai sosial dan budaya yang ada pada lingkungan pembelajarannya, penelitian ini adalah bagaimana siswa belajar bahasa arab dengan menggunakan pendekatan materi sosial budaya mereka sendiri dalam hal ini yaitu sosial budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan bagaimana pembelaaran bahasa arab di madrasah aliyah 3 banjarmasin menggunakan materi ajar berbasis sosial budaya kalimantan selatan, pendekatan deskriptif kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Data diambil dari enam orang siswa yang di acak dari tiga kelas berbeda. Dari Hasil temuan dari penelitian ini adalah sebagian besar siswa lebih termotivasi dan mampu memahami materi ajar berbasis sosial budaya, dengan presentase 86% dari hasil uji keterbacaan kepada siswa, hal ini karena sosial budaya yang mereka pelajari adalah budaya daerah mereka sendiri sehingga membantu siswa untuk mempelajari bahasa arab dengan lebih baik. Maka dari itu dalam hal ini guru dianjurkan untuk mengmbangkan materi ajar atau bahan ajar yang ada baik itu materi tambahan didalam kelas maupun materi pendamping siswa untuk pengayaan materi dan penyegaran dalam proses pembelajaran bahasa arab.